Selasa, 28 Desember 2010

Iran mengangkat Menlu baru

Ahmadinejad Angkat Salehi Jadi Pejabat Menlu

Serangan bertubi-tubi atas program nuklir Iran dan lemahnya Mottaki kemungkinan menjadi latar belakang penggantian

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad menetapkan kepala program nuklirnya sebagai pejabat sementara menteri luar negeri, Senin (13/12), menggantikan Manouchehr Mottaki.

Dalam sebuah pernyataan singkat di situs kepresidenan, Ahmadinejad hanya mengucapkan terima kasih kepada Mottaki yang telah bertugas selama lebih dari lima tahun dalam pemerintahannya, tanpa menjelaskan alasan penggantian.

Sebagaimana dilansir AP (13/12), setahun terakhir ini media Iran melaporkan adanya desakan parlemen untuk menurunkan Mottaki
dari jabatan karena dinilai kurang kuat atau kurang persuasif dalam membela kepentingan Iran di dunia internasional, terutama terkait program nuklir.

Dengan ditunjuknya Ali Akbar Salehi, yang juga merupakan wakil presiden, sebagai pejabat menteri luar negeri, berarti Salehi menjadi pemimpin misi diplomatik Iran di dunia internasional.

Tentang penunjukan kepala program nuklirnya sebagai menteri luar negeri, Ahmadinejad menyatakan penunjukan Salehi berdasarkan pada komitmen, pengetahuan dan kepakaran berharga yang dimilikinya.

Penunjukan Salehi dilakukan saat Mottaki masih melakukan kunjungan ke Senegal.
source : Hidayatullah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar