Senin, 25 April 2011

PM Israel tak pernah Berani dengan Iran

Dari Dulu, Netanyahu Takut Iran
Netanyahu

Koran rezim Zionis Israel, Haaretz melaporkan kekhawatiran para pemimpin Israel atas Iran. Empat tahun lalu, ketika Ehud Olmert menjabat sebagai Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu mengatakan kepadanya akan bergabung dalam kabinet zionis, jika Olmert menyerang Iran.

Pada 20 Juli 2007, konsul politik Kedutaan besar AS di Tel Aviv mengirim telegraf rahasia ke kementerian luar negeri AS. Salah satu pesan rahasia dalam telegraf itu mengenai pembentukan kabinet koalisi rezim Zionis Israel, dan Netanyahu yang merupakan oposan Olmert ditarik masuk kabinet.

Ketika itu, Netanyahu memprovokasi Olmert supaya menyerang Iran dan menyulut perang baru di Timur Tengah. Menurut Haaretz, cara ini dilakukan guna meredakan tekanan terhadap Tel Aviv, akibat kekalahan Israel dalam perang 33 hari dengan Lebanon.

Berdasarkan dokumen rahasia yang diungkap Tel Aviv, Netanyahu hingga kini dua kali secara terang-terangan mengemukakan rencana menyerang Iran. Pertama pada periode pemerintahan Perdana Menteri Ariel Sharon tahun 2005, dan kedua pada tahun 2007. Dengan cara ini Netanyahu berambisi untuk menjegal kemajuan Iran.

Sumber : Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar