Minggu, 13 Maret 2011

Yunani kedatangan Masjid Baru

Thessaloniki (Yunani),_ Kamis lalu Walikota Thessaloniki, Yiannis Boutaris mengumumkan bahwa prosedur terkait pembangunan Masjid dan pemakaman Muslim sedang berjalan di Thessaloniki, Pernyataannya ini disampaikan terkait kunjungan pribadi Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, Davutoglu juga menyampaikan ucapan terimakasih terkait hal ini, Beliau mengucapkan terimakasih atas "Sensitivitas" Walikota terkait kunjungannya.
Saat ini tidak ada masjid resmi di Thessaloniki (foto) meskipun meningkatnya jumlah Muslim. Thessaloniki (juga dikenal sebagai Salonica) adalah kota terbesar kedua di Yunani.

Athena, ibukota Yunani dan kota terbesar di negara itu, juga tidak memiliki masjid resmi. Saat ini, masjid hanya ditemukan di Yunani dekat perbatasan dengan Turki dimana minoritas asal Turki hidup.

Boutaris, 68, seorang dari sayap kiri yang meraih kemenangan Oktober lalu di kota konservatif, sebelumnya telah menyatakan kesediaan untuk membangun monumen untuk Mustafa Kemal Atatürk, pendiri Turki modern, yang datang dari Thessaloniki ketika kota itu milik Kekaisaran Ottoman .

Boutaris mengatakan bahwa ia berdiskusi dengan menteri luar negeri Turki bagaimana warisan budaya bersama antara Turki dan Yunani bisa diapresiasi.
 
"Kami membahas untuk wisata kapal ferry memulai kembali antara Izmir dan Thessaloniki dan membuat kota-kota ini kota-kota saudara." ujar Boutaris.

Sosialis Yunani
Perdana Menteri George Papandreou  - yang menganggap Boutaris sebagai pendukung - juga menyatakan keinginan untuk meluncurkan rencana untuk sebuah masjid di Athena, meskipun tidak ada rincian telah maju. 

Red : Abdillah Fauzan
Islamtoday 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar